h1

Krisis Ekonomi AS

Oktober 7, 2008

Seperti yang telah diketahui, krisis yang menimpa Amerika Serikat membawa dampak besar bagi perekonomian global. Krisis yang terjadi di AS berawal dari tumbangnya sektor perumahan karena kredit macet yang sudah berlangsung sejak Juli 2007. Kredit macet ini berdampak pada perusahaan keuangan dan investasi di AS. Saham perusahaan-perusahaan tersebut turun, bahkan perusahaan sekelas Lehman Brothers dan Washington Mutual menyatakan kebangkrutan (di Indonesia Lehman Brother menjadi kreditor untuk PT Bakrie & Brothers, Gajah Tunggal Group, Davomas, dan lain-lain). Akibatnya, pemerintah Amerika Serikat harus ikut menalangi dengan bail out. Federal Reserve juga harus menjadi penjamin likuiditas terakhir perbankan.

Bursa saham AS yang anjlok ikut membawa dampak terhadap bursa global. Bursa saham Asia merosot karena ketakutan global akan gagalnya pemerintah membendung krisis keuangan.

Dampaknya juga terasa pada nilai tukar Rupiah. Kurs rupiah terhadap dollar AS turun hingga mencapai Rp 9.590 per dollar AS pada hari Selasa (7/10) siang. Hal ini terutama diakibatkan karena pasar masih panik dengan kemungkinan gagalnya bail out AS. Rupiah juga tertekan karena kemungkinan aliran dana keluar negeri serta pelemahan sektor riil terutama ekspor ke AS. Dampak lainnya adalah tingkat suku bunga pinjaman antar bank dan pinjaman untuk bisnis yang meningkat.

Sementara itu Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sofyan A Djalil menghimbau kepada BUMN yang berinvestasi di luar negeri dalam bentuk dolar AS (valuta asing) agar dialihkan ke perbankan dalam negeri. Hal ini dimaksudkan untukmengantisipasi proyek besar maupun kegiatan korporasi BUMN lainnya yang berada diluar negeri atas kemungkinan terjadinya gejolak krisis ekonomi global akibat krisis keuangan di Amerika Serikat.

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: