h1

binal eh…bintal!!

Januari 30, 2009

Tiba-tiba saja jadwal bintal (pembinaan mental-red.) dimajukan. Dari jadwal semula bulan Maret menjadi bulan Februari. Berarti, Senin minggu pertama bulan itu aku sudah berada di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam V Brawijaya, Rampal – Malang. Dan akan tetap di sana, ditempa mentalnya selama sebulan penuh.

Pembinaan mental, biasa disingkat bintal, ini adalah salah satu prosedur standar dalam rangkaian proses penerimaan karyawan baru di institusi bumn. Pembinaan mental yang tidak tanggung-tanggung karena langsung dibina oleh militer. Maklum, bumn di Indonesia besar di tangan militer.

Mendengar kata “bintal”, yang terbayang adalah kehidupan keras dan disiplin ala militer. Benar-benar bertolak belakang 180 derajad dengan kehidupanku. Kehidupan yang santai, slow mo, lebih sering cuek.

Jadi teringat saat-saat SMA. Saat-saat cerminan jelas bahwa kehidupanku bertolak belakang dengan kehidupan militer. SMA Kolese De Britto, SMA-ku, mempunyai embel-embel “sekolah bebas”. Yak, bebas. Rambut gondrong, sepatu sandal, baju bebas (seragam hanya seminggu 2 kali, itupun penuh dengan coretan dan tidak dimasukkan ke celana), tidak pernah berpakaian rapi, bahkan bau karena sering tidak mandi,bebas berpikir, bebas mengungkapkan pendapat dengan cara apapun (tidak ekstrem tentunya). Berbeda dengan kehidupan militer, walaupun kami juga punya semboyan tidak takut, tidak malu, tidak malas.

Jadi berpikir, gimana ya besok? Bisakah jadi orang yang rapi? Bisakah berbaris (karena selama SMA hanya baris setahun sekali, saat 17 agustus, itupun setengah mati karena susah diatur)?

Dengan demikian, aktivitas di dunia maya harus dihentikan dulu selama sebulan ini, karena kemungkinan besar hp dilarang di sana.

Ok, see you 1 bulan lagi!!

SIIAAAAAAPPP GGRRRRRAAAAAAAAKKKKK!!!!!!!

7 komentar

  1. bertahan ya, mas Ndu….
    ati2….
    jangan sampe jadi korban STPDN
    God Bless you


  2. ya ampuuun. ngga ngerti tukhhh >=?
    however…dekh, semangat!! sukses!!
    nyenyenye….


  3. Kena wajib militer ndu?:mrgreen:

    La ini dah lebih dari 1 bulan, piye kabare?😕


    • @lambrtz
      belum smpt posting, jarang ada kesempatan ol nie…


  4. bintal = bibi sintal
    salah ya…🙂


    • @mybenjeng
      bibinya sapa mas?


  5. […] Weblog Just read!!! « binal eh…bintal!! Susbintal – Kursus Pembinaan Mental Maret 16, 2009 Ingatkah anda kapan terakhir kali anda […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: