h1

Jogja (akan) bukan lagi ibukota propinsi?

April 22, 2009

Baca judulnya aneh ya? hehehe…memang bingung mau kasih judul kaya’ gimana.

Anyway, pagi ini baca koran Jogja Kedaulatan Rakyat lewat web. Ada satu judul berita yang cukup bikin aku kaget. Kulonprogo Siap Jadi Ibukota Propinsi. Woooh…lumayan kaget juga. Langsung deh menebak-nebak apa yang terjadi dengan kota Jogjakarta sampai-sampai ibukota propinsi dicabut darinya dan mau dialihkan ke Kulonprogo (btw Kulonprogo kan kabupaten, masak iya kabupaten jadi ibukota propinsi? Mestinya kotanya, Wates.) Ibukota kan berarti pusat pemerintahan. Berarti kedudukan Gubernur dalam hal ini Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sedangkan Sultan sendiri adalah Raja Ngayogyokarto Hadiningrat yang pusat pemerintahannya ya Kraton Jogja itu yang letaknya di titik nol kota Jogja.

Seandainya, ibukota propinsi dipindah ke Kulonprogo. Apakah kedudukan Sultan juga berarti pindah juga? Kalau kita melihat Sultan sebagai Gubernur sih saya rasa tidak bermasalah memindahkan pusat pemerintahan (dan kantor gubernur tentu saja) ke sana. Namun Sultan sebagai Raja?

Apakah ini berarti Sultan akan memiliki dua tempat kedudukan sekaligus? Di Kulonprogo sebagai Gubernur DIY, dan di Jogjakarta sebagai Raja Ngayogyokarto Hadiningrat?

Alasan

Alasan pemindahan ini -seperti yg kubaca di koran tersebut- adalah karena beberapa anggota Dewan Kota Yogyakarta menilai Kota Yogyakarta sudah tidak relevan lagi menjadi ibukota Propinsi DIY. Lho el ha o Kok ka o ka? Iya soalnya di kota Jogja sedang akan dilakukan revitalisasi budaya. Nah jika kota ini tetap menjadi ibukota propinsi, katanya sih, akan kontra produktif dengan program tersebut. Terus kenapa dipilih Kulonprogo? Karena nantinya infrastruktur Kulonprogo dapat mendukung fungsi ibukota propinsi dengan rencana pembangunan pelabuhan, bandara, serta kesediaan lahan yang masih luas.

Wah gak tau deh…pokoknya sebagai warga kerajaan Ngayogyokarto Hadiningrat yang baik (cieeeee……) yang sedang merantau ke Kota Berhias Iman, saya hanya bisa mendukung sajah.

Well, let’s wait and see!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: